Skip to main content

Mempelajari Sumber Daya Alam Dan Jenisnya


Sumberdaya alam adalah semua kekayaan alam, baik berupa benda mati maupun benda hidup yang terdapat pada suatu tempat dan dapat di pergunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena sumberdaya alam sangatlah penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya, maka dari itu sumberdaya alam perlu di pelihara, dilestarikan, dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Di lingkungan sekitar kita, terdapat sejumlah makhluk hidup dan benda mati. Makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar lingkungan kita, baik secara langsung maupun secara tidak langsung dibutuhkan oleh manusia. Makhluk hidup dan benda mati yang ada di lingkungan kita itu dapat merupakan sumberdaya alam.

Udara, tanah, air, dan batu merupakan benda mati. Sedangkan hewan dan tumbuhan merupakan makhluk hidup. Keduanya merupakan sumberdaya alam yang sangat dibutuhkan, baik oleh manusia maupun oleh makhluk hidup lainnya.

Ditinjau dari upaya manusia dalam melestarikannya, sumberdaya alam dibedakan menjadi 2 golongan, yaitu sumberdaya lam yang dapat diperbarui dan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui.

Sumberdaya alam yang dapat diperbarui yaitu sumberdaya alam yang tidak habis dipakai, sebab bagian-bagian yang telah dipakai tersebut dapat diganti dengan yang baru atau diperbarui.

Padi merupakan salah satu contoh sumberdaya alam yang dapat diperbarui. Hal ini terjadi karena padi selalu ditanam oleh petani walau dimakan setiap hari oleh hampir sebagian besar orang. Selain itu, tumbuhan, hewan, tanah, air, udara, hutan, dan lainnya merupakan contoh lainnya sumberdaya alam yang dapat diperbarui.

Akan tetapi, penggunaan sumberdaya alam tersebut sebaiknya dilakukan dengan tujuan untuk kesejahteraan manusia dan disertai upaya pelestariannya. Sumberdaya alam yang dapat diperbarui di golongkan lagi menjadi sumberdaya alam non fisik dan sumberdaya alam fisik.

Sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui ialah sumberdaya alam yang habis sekali pakai. Sekali pun sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui dapat terbentuk kembali, diperlukan waktu yang cukup lama. Contoh barang tambang yang tidak dapat diperbarui antara lain batubara, minyak bumi, gas alam, timah, emas, perak, bauksit, besi, mika, nikel, mangan, dan intan.

Newest Post