Skip to main content

Saat Ini Banyak Jenis Hewan Dan Tumbuhan Langka


Badak Jawa hidup di hutan di wilayah Ujung Kulon. Badak Jawa lebih sering mencari makanan pada malam hari yang berupa dedaunan, tunas pohon perdu, ranting dan kulit kayu. Badak Jawa menyukai hutan dataran rendah dan hutan yang diselingi ruang-ruang terbuka.

Badak Jawa sukar di jumpai karena bila mencium bau manusai badak akan menghindar. Mereka bersembunyi di pohon-pohon yang rimbun sehingga tidak mudah terlihat bagi orang yang sekedar ingin tahu.

Badak Jawa kini hanya tersisa sedikit di Ujung Kulon, karena terancam punah oleh perburuan dan penyakit. Banyaknya orang berburu Badak Jawa untuk di ambil culanya sehingga terancam punah.

Apakah Badak Jawa punah dan tidak dapat dilihat lagi? Apakah hanya Badak Jawa yang terancam punah? Bagaimana usaha untuk mencegah kepunahan hewan serta tumbuhan?

Semua makhluk hidup melakukan proses berkembang biak. Dengan berkembang biak, makhluk hidup dapat melestarikan jenisnya sehingga tidak cepat punah. Meskipun makhluk hidup dapat berkembang biak untuk melestarikan jenisnya, namun beberapa jenis makhluk hidup terancam punah.

Kepunahan beberapa jenis makhluk hidup, antara lain disebabkan oleh adanya perubahan lingkungan ataupun adanya penyakit. Tidak semua makhluk hidup dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berubah, sehingga tidak dapat bertahan hidup.

Kepunahan jenis-jenis hewan atau tumbuhan juga dapat terjadi karen ulah manusia, misalnya dengan melakukan perburuan liar, perusakan habitat hewan dan tumbuhan atau karena kebakaran hutan yang disebabkan oleh manusia.

Banak hewan dan tumbuhan yang langka dewasa ini. Dari waktu ke waktu, jumlah hewan dan tumbuhan langka makin bertambah banyak. Hewan-hewan langka yang terancam punah dan dilindungi undang-undang contohnya sebagai berikut:

  • Burung Cendrawasih, dianggap burung surga karena bulunya yang indah. Di Indonesia, burung ini terdapat di Pulau Papua. Burung cendrawasih menghuni puncak-puncak pohon dihutan dataran rendah sampai hutan pegunungan.
  • Komodo, terdapat di Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca Nusa Tenggara. Habitat khas komodo adalah padang rumput dan hutan, akan tetapi bisa juga di temukan di pegunungan tinggi dan tepi pantai.
  • Burung Maleo, Burung endemik Sulawesi ini memiliki tubuh sebesar ayam jago. Burung maleo mempergunakan pantai sebagai tempat bertelur./li>
  • Badak bercula satu, jenis badak yang terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten ini memakan daun-daunan, rumput dan ranting-ranting muda.
  • Tapir, terdapat di Sumatera dan Kalimantan. Habitat hewan herbivora ini di hutan lebat.
  • Orang utan, terdapat di Kalimantan dan Sumatera Utara. Orang utan menghabiskan sebagian besar waktunya di atas pohon. Makanan orang utan adalah buah-buahan dan tunas daun.
  • Anoa atau Sapi hutan, jenis binatang yang terdapat di Sulawesi ini memakan rumput-rumputan, paku-pakuan, semak atau buah-buahan yang jatuh.