Skip to main content

Pentingnya Membuat Perlindungan Dan Pengawetan Alam


Usaha untuk melestarikan hewan dan tumbuhan dilakukan dengan adanya perlindungan dan pengawetan alam, misalnya dengan ditetapkannya taman nasional diberbagai wilayah Indonesia. Taman nasional merupakan tempat untuk melindungi hewan, tumbuhan dan tanah yang juga dapat dimanfaatkan untuk rekreasi atau tempat wisata tanpa mengubah ciri-ciri ekosistemnya.

Sebagai contoh taman nasional adalah Taman Nasional Ir. H Juanda di Bandung, Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango di Jawa Barat, Taman Nasional Ujung Kulon di Banten, Taman Nasional Baluran di Jawa Timur dan Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh.

Bila tidak dilakukan usaha untuk melestarikan hewan dan tumbuhan, banyak spesies atau jenis hewan dan tumbuhan yang akan punah. Kepunahan hewan dan tumbuhan walau pun hanya satu jenis, akan merugikan bagi manusia.

Punahnya salah satu jenis hewan atau tumbuhan dapat menyebabkan terputusnya rantai makanan. Terputusnya rantai makanan dapat mengakibatkan terganggunya keseimbangan lingkungan. Apalagi bila jumlah rantai makanan yang terputus sangatlah banyak.

Dengan punahnya salah satu jenis hewan atau tumbuhan, maka manusia akan kehilangan sumber gen. Gen adalah bagian yang terdapat dalam inti sel yang berfungsi untuk menurunkan sifat, misalnya rambut kita keriting karena diturunkan dari orang tua kita.

Dengan beraneka ragamnya jenis hewan dan tumbuhan, manusia dapat memperoleh keberanekaragaman gen. Keberanekaragaman gen dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk memperoleh bibit unggul. Untuk memperoleh bibit unggul, dilakukan dengan cara mengawinkan satu jenis hewan atau tumbungan dengan jenis lainnya yang dapat menghasilkan keturunan yang lebih baik.

Catatan:
  • Saat ini banyak jenis hewan dan tumbuhan yang terancam punah.
  • Kepunahan suatu jenis makhluk hidup dapat disebabkan oleh tingkat reproduksi makhluk hidup yang rendah, perubahan lingkungan dan penyakit.
  • Kepunahan makhluk hidup juga dapat disebabkan oleh kegiatan manusia, seperti perusakan habitat, perburuan liar dan kebakaran hutan.
  • Hewan-hewan yang langka, terancam punah, dan harus dilindungi undang-undang contohnya dalah orang utan, komodo, burung cendrawasih dan anoa.
  • Tumbuhan langka, terancam punah dan harus dilindungi, contohnya adalah bunga bangkai dan pohon cendana.
  • Usaha yang dilakukan untuk mencegah kepunahan makhluk hidup diantaranya adalah dengan membuat undang-undang perburuan, mengembangbiakan hewan dan tumbuhan, menjaga habitat hewan dan tumbuhan dari kerusakan, melakukan perlindungan dan pengawetan alam melalui ditetapkannya taman nasional.