Skip to main content

Penyesuaian Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya


Pernahkah kamu melihat bunglon didahan pohon? Bila bunglon berlari di dahan pohon yang rindang, bunglon akan berwarna seperti daun pohon. Dan bila bunglon berlari diatas tanah, maka tubuh bunglon menjadi berwarna coklat. Mengapa bunglon berubah warna? Untuk apakah bunglon berubah warna? Dan apakah semua hewan dapat berubah warna?

Setiap makhluk hidup memerlukan tempat hidup yang sesuai agar dapat melangsungkan kehidupannya. Tempat atau lingkungan makhluk hidup tinggal disebut habitat. Habitat makhluk hidup itu berbeda-beda, misalnya ikan mas dan ikan tawes habitatnya di air tawar, ikan tuna dan ikan hiu habitatnya di air laut, harimau dan orang utan habitatnya di hutan.

Untuk dapat bertahan hidup dan melestarikan keturunannya, makhluk hidup harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kemampuan makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya disebut adaptasi. Contoh penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungannya adalah penyesuaian untuk mencari makanan dan penyesuaian untuk melindungi diri dari musuhnya.

Menurutmu, termasuk penyesuaian apakah perubahan warna pada bunglon? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini akan dibahas mengenai cara hewan mencari makan dan melindungi diri. Setelah mempelajarinya diharapkan dapat menyimpulkan bahwa makhluk hidup dapat menyesuaikan diri dengan lingkunganmu dalam usaha mempertahankan hidup.

Amatilah cara kucing makan dan cara ayam makan, samakah cara makan kedua hewan tersebut? Disekeliling kita banyak dijumpai hewandengan jenis dan cara makan berbeda. Bangsa burung tentu berbeda makannya dengan bangsa serangga. Bagaimanakah hewan menyesuaikan diri untuk memperoleh makanan?

Selanjutnya > PENYESUAIAN SERANGGA DAN BUNGLON TERHADAP LINGKUNGANNYA

Oldest Post